menu melayang

Kamis, 25 Maret 2021

ALAT - ALAT YANG DIGUNAKAN UNTUK UJI TES BOD

 BOD (Biochemical Oxygen Demand)

        BOD adalah suatu pengukuran pendekatan jumlah biokimia yang terdegradaasi di perairan. Hal ini didefinisikan sebagai jumlah oksigen yang di perlukan oleh proses mikro organisme aerob untuk mengoksidasi menjadi bahan an organic. Metode ini merupakan subyek dari berbagai factor sebagai misalnya kebutuhan O2 yangdiperlukan respirasi mikro organisme dan oxidasi  ammonia, nitrat oleh aktivitas bakteri. Air yang tidak terpolusi biasanya mempunyai BOD 2 mg/l, air yang menerima buangan limbah mempunyai BOD > 10 mg/l khususnya di dekat intake. Air limbah mempunyai kadar  BOD sekitar 600 mg/l, limbah yang telah diperlakukan dengan baik mempunyai kadar BOD sekitar 20 mg/l.


                      

APA TUJUANNYA ?

    Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kadar DO dan BOD air limbah industri kelapa sawit. Dissolved Oxygen (DO) adalah banyaknya oksigen yang terkandung di dalam air dan Biological Oxygen Demand (BOD) adalah banyaknya oksigen dalam ppm atau miligram/liter yang diperlukan untuk menguraikan benda organik oleh bakteri di dalam air.


LATAR BELAKANG 

     Sebagian besar perairan alami mengandung sejumlah kecil senyawa organik. Mikroorganisme air telah berevolusi untuk menggunakan beberapa senyawa ini sebagai makanan. Mikroorganisme yang hidup di perairan beroksigen menggunakan oksigen terlarut untuk mendegradasi senyawa organik secara oksidatif, melepaskan energi yang digunakan untuk pertumbuhan dan reproduksi. Populasi mikroorganisme ini cenderung meningkat sebanding dengan jumlah makanan yang tersedia. Metabolisme mikroba ini menciptakan kebutuhan oksigen yang sebanding dengan jumlah senyawa organik yang berguna sebagai makanan. Dalam beberapa keadaan, metabolisme mikroba dapat mengkonsumsi oksigen terlarut lebih cepat daripada oksigen atmosfer dapat larut ke dalam air atau komunitas autotrofik (alga, cyanobacteria dan makrofit) dapat menghasilkan. Ikan dan serangga air bisa mati jika oksigen dihabiskan oleh metabolisme mikroba.

    Kebutuhan oksigen biokimia adalah jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk metabolisme mikroba senyawa organik dalam air. Permintaan ini terjadi selama beberapa periode waktu yang bervariasi tergantung pada suhu, konsentrasi nutrisi, dan enzim yang tersedia untuk populasi mikroba asli. Jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk mengoksidasi sempurna senyawa organik menjadi karbon dioksida dan air melalui generasi pertumbuhan mikroba, kematian, pembusukan, dan kanibalisme adalah total kebutuhan oksigen biokimia (BOD total). 

      Total BOD lebih penting untuk jaring makanan daripada kualitas air. Penipisan oksigen terlarut kemungkinan besar menjadi bukti selama ledakan populasi mikroba akuatik awal sebagai respons terhadap sejumlah besar bahan organik. Namun, jika populasi mikroba mendeoksigenasi air, kekurangan oksigen itu membatasi pertumbuhan populasi organisme mikroba air aerobik yang mengakibatkan surplus makanan jangka panjang dan defisit oksigen.


ALAT - ALAT UNTUK UJI TES BOD


1. Botol Winkler

        



2. Inkubator

                                 





3. Pipet Ukur 5ml dan 10ml

                    

                        


4. Erlenmeyer 250ml

                   

                        


5. Labu Ukur 1000ml


                     


6. Klem dan Statif 


                       


7. Corong Gelas

                

                        


8. Buret


                   







    

                          


        



Blog Post

Related Post

Mohon maaf, belum ada postingan.

Back to Top

Menu

Cari Artikel