menu melayang

Jumat, 12 Maret 2021

cara mengatasi air kuning dan bau menggunakan media filter air

Cara Mengatasi Air Kuning Dan Bau Menggunakan Media Filter Air



cara menjernihkan air

Kebutuhan akan air bersih tentunya membuat Anda perlu mengetahui bagaimana cara mudah untuk menjernihkan air sumur. Terlebih karena nyatanya tidak semua air yang dikonsumsi dalam kondisi layak untuk kesehatan Meskipun ada air dengan warna tidak jernih yang masih relatif aman untuk dikonsumsi, tetapi air bersih dan jernih tetap pilihan terbaik. Apalagi kalau air keruh yang dikonsumsi mengandung pencemaran bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh kita.

A. Menggunakan Media Penyaring

Cara menjernihkan air sumur secara alami agar lebih layak konsumsi, salah satunya adalah dengan menggunakan media penyaring. Adapun bahan-bahan untuk membuat media penyaring tersebut, antara lain:

  • Botol plastik yang dipotong bagian bawahnya
  • Kain atau kapas
  • Arang
  • Pasir
  • Batu atau kerikil
  • Wadan penampung


CARA PEMBUATAN

  1. Langkah pertama membuat media penyaring adalah memotong bagian bawah botol, lalu menempatkannya secara terbalik.
  2. Lalu bahan-bahan yang disebutkan di atas disusun dari urutan yang withering bawah, yaitu kain, arang, pasir dan kerikil.
  3. Kemudian air keruh dialirkan melalui channel ini untuk kemudian dialirkan lagi ke wadah penampung air bersih.


B. Menggunakan Kaporit

Jika menggunakan sumur bor, maka cara yang dapat dilakukan untuk menjernihkan air, yakni menambah kedalaman sumur. Atau bisa juga menjernihkan air sumur dengan kaporit, caranya yaitu dengan menggunakan tandon atau tangki air, Kemudian tuangkan kaporit ke dalam wadah penampung tersebut, tetapi Anda harus hati-hati dalam menakarnya. Perbandingan takarannya, yaitu 1000 liter air dapat dicampurkan dengan sekitar satu sendok makan kaporit. Kaporit sendiri tidak hanya berfungsi untuk menjernihkan air, tetapi juga membunuh materi patogen.


C. Menggunakan Alat Filter Khusus

Bagi Anda yang memiliki bujet lebih, bisa saja menggunakan alat channel khusus untuk menjernihkan air sumur. Alat seperti ini biasanya dilengkapi oleh teknologi dan diklaim bisa menjernihkan air yang mengandung besi. Selain itu juga bisa menghilangkan bau tidak sedap, sehingga air layak untuk dikonsumsi sehari-hari. Namun Anda harus merogoh kocek agak dalam untuk membeli channel ini, karena harganya terbilang tidak murah. Dan ingat, apapun cara menjernihkan air yang Anda coba, pastikan bahwa air yang digunakan tidak berbau besi dan tidak keruh. Pasalnya, air yang mengandung besi akan menimbulkan banyak masalah misalnya gangguan kesehatan. Contohnya iritasi kulit, merusak pencernaan, rambut, bahkan juga bisa merusak warna pakaian.


D. Menggunakan Tawas

Selain berbau karena kandungan besi, masalah air yang banyak ditemui adalah air kuning dan berminyak. Kalau memiliki masalah yang sama, cara menjernihkannya dengan mudah salah satunya adalah menggunakan tawas.

Caranya larutkan sekitar 1 kg tawas dan tuangkan larutan tersebut ke dalam sumur yang airnya kuning dan berminyak, Atau bisa pula menggunakan arang tempurung kelapa yang dibungkus kain dan dimasukkan ke dalam sumur. Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan gulungan ijuk yang dirangkai dan dimasukkan ke dasar sumur. 


E. Menggunakan Arang

Tidak hanya bisa digunakan dalam membersihkan air sumur, arang juga bisa menjadi pembersih alami air dalam aquarium. Pastikan untuk menggunakan arang yang bebas kotoran atau debu, lalu letakkan di dalam kotak channel. Kandungan zat dalam arang dinilai efektif dalam menjernihkan air dan bebas klorin. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan channel secara berkala dan gantilah arang jika sudah lapuk ya.

AIR ANDA BERMASALAH???

Waterpedia filter solusi penjernih air

  • Filter Air sumur
  • Filter Air PDAM
  • Rumah Tangga, Hotel, Riumah Makan
  • Restoran Dan Industri



Kelebihan menggunakan Tabung Filter Air Waterpedia:

Jumlah media yang lebih banyak sehingga lebih hemat dalam biaya, cocok dipakai untuk air yang memiliki masalah yang cukup parah atau rumit, kuat dalam  berbagai kondisi, ringan untuk dibawa dan dipasang, awet dan tahan lama



Blog Post

Related Post

Mohon maaf, belum ada postingan.

Back to Top

Menu

Cari Artikel