menu melayang

Selasa, 23 Maret 2021

JENIS JENIS BAKTERI DI DALAM PENGOLAHAN AIR LIMBAH

 Jenis bakteri dalam pengolahan air limbah

      

             Berikut merupakan jenis bakteri yang berada pada pengolahan air limbah, ada 3 macam jenis bakteri/mikroorganisme yaitu

            1. Pseudomonas 

                                     `

               Pseudomonas merupakan bakteri hidrokarbonoklastik yang mampu mendegradasi berbagai jenis hidrokarbon. Keberhasilan penggunaan bakteri Pseudomonas dalam upaya bioremediasi lingkungan akibat pencemaran hidrokarbon membutuhkan pemahaman tentang mekanisme interaksi antara bakteri Pseudomonas sp dengan senyawa hidrokarbon.

               Kemampuan bakteri Pseudomonas sp. IA7D dalam mendegradasi hidrokarbon dan dalam menghasilkan biosurfaktan menunjukkan bahwa isolat bakteri Pseudomona IA7D berpotensi untuk digunakan dalam upaya bioremediasi lingkungan akibat pencemaran hidrokarbon. digunakan dalam pengolahan limbah minyak karena mampu memecah ikatan hidrokarbon minyak.


            2. Cladosporium Resinae

                                    


             Cladosporium adalah genus jamur termasuk beberapa jamur dalam dan luar ruangan yang paling umum. Spesies menghasilkan koloni hijau zaitun hingga coklat atau hitam, dan memiliki konidia berpigmen gelap yang terbentuk dalam rantai sederhana atau bercabang. Banyak spesies Cladosporium umumnya ditemukan pada bahan tanaman hidup dan mati. Beberapa spesies adalah patogen tumbuhan, yang lain menjadi parasit pada jamur lain. Spora Cladosporium menyebar dengan angin dan seringkali sangat melimpah di udara luar. Spesies Cladosporium dalam ruangan dapat tumbuh di permukaan saat ada kelembaban. 
          
          Cladosporium fulvum, penyebab jamur daun tomat, telah menjadi model genetik yang penting, dalam hal genetika resistensi inang telah dipahami. Pada 1960-an, diperkirakan bahwa genus Cladosporium berisi sekitar 500 spesies patogen tanaman dan saprotrofik, tetapi jumlah ini telah meningkat menjadi lebih dari 772 spesies. Genus Cladosporium sangat erat kaitannya dengan ragi hitam dalam ordo Dothideales. 
         
        Spesies Cladosporium seringkali sangat tahan osmotoleran, tumbuh dengan mudah pada media yang mengandung 10% glukosa atau 12–17% NaCl. Mereka jarang ditanam pada media yang mengandung 24% NaCl atau 50% glukosa dan tidak pernah diisolasi dari media dengan 32% NaCl atau lebih. Sebagian besar spesies memiliki rantai spora yang sangat rapuh, sehingga sangat sulit untuk menyiapkan dudukan untuk pengamatan mikroskopis di mana rantai konidia diawetkan secara utuh. 


                 3. Acinetobacter Calcoaceticus
                                                
                                                            


                         Acinetobacter calcoaceticus adalah spesies bakteri dari genus Acinetobacter. Ini adalah coccobacillus gram negatif nonmotil. Tumbuh dalam kondisi aerobik, bersifat katalase positif dan oksidase negatif. A. calcoaceticus adalah bagian dari A. calcoaceticus-A. kompleks baumannii bersama dengan Acinetobacter baumannii, Acinetobacter nosocomialis, Acinetobacter pitti dan Acinetobacter seifertii.        

Blog Post

Related Post

Mohon maaf, belum ada postingan.

Back to Top

Menu

Cari Artikel